Jumat, 31 Agustus 2007

OON: 4 Kewajiban Kita terhadap Al-Qur'an

OON:Oleh-Oleh Ngaji.

1.Wajib Membaca Al-Qur'an adalah Ibadah. Mengerti atau tidak, tetap dapat pahala. “Warottiril Qur'aana Tartiila” -- Dan Bacalah Alquran sesuai dengan Tartil.. pelan- pelan. Faham arti atau tidak itu tidak masalah. Sekalipun orang Arab, itu banyak yang tidak faham Al-Qur'an. Untuk memahami Al-Qur'an itu, harus ada Tafsirnya dll.. JADI DENGAN MEMBACANYA SAJA, itu SUDAH BERPAHALA. Makanya Rasul, kalau shalat Sunnat, bacaannya panjang- panjang.

2. Wajib Memahaminya Al-Qur'an adalah Ibadah yg lain lagi. “Affala Yatadabbaruunal Qur'an Am ala kulubin Aqfaluha” artinya ”Apakah Mereka tidak berusaha untuk memahami Al-Qur'an?” Ini ibadah lain. Ini menuntut waktu yang lama. ini scope nya adalah dengan mempelajari Tafsirnya, tidak cukup hanya dengan terjemahan saja. Mungkin perlu mempelajari Asbabul Nujul nya dlsb.

Umar Bin Khatab Radialahu An, “Suatu hari beliau keluar rumah dan wajahnya gembira sekali, kemudian ditanya Ada Apa Ya Umar? Jawabnya: SAYA BARU SELESAI MEMAHAMI AL-QURAN SETELAH 30 TAHUN” Jadi MEMAHAMI itu lain lagi Babnya.. Itu ibadah tersendiri.
Ada orang yang mengatakan, “Wah.. saya mah lebih enak baca Terjemahannya daripada Baca Arabnya”... Ini Keliru, karena “Yang dikasih Pahala Oleh Allah adalah BACA Arabnya bukan Terjemahannya”. Rasulullah tidak pernah Bersabda “A” 1 huruf, “B” 1 huruf... Tapi yg dikatakan Rasul adalah “ALIF Harfun – Alif 1 huruf – Lam Harfun – Lam 1 huruf – Mim Harfun – Mim 1 huruf” Dan setiap 1 huruf adalah 10 Kebaikan. Jadi yg dihitung pahalanya adalah baca Arabnya bukan ABC nya. karena firman Allah adalah huruf arabnya.

3.Wajib MENGHAFALNYA. Kenapa wajib mengafalnya? Kata Rasulullah: “Nanti Di Syurga orang akan ditempatkan ketingkatan tertentu sesuai dengan hafalannya”. Gimana dunks cara menghafalnya? Coba 1 hari 1 ayat... di ulang2... sambil masak, sambil nyetir... Lagu Ungu aja bisa hafal karena di ulang ulang... AL-Quran BISA HAFAL bukan karena Orangnya Cerdas, Tapi SERING DI ULANG ULANG. Maka semua oang bisa menghafal tergantung kemauannya.

4. MENGAMALKANNYA. Apa yg dikatakan Qur'an HARAM ,, Ayo kita tinggalkan. HALAL ayo kita Tegakkan.

Baca Qur'an terbata bata, maka kita dapat 2 pahala, Kalau yg lancar, “Walladzi Yaqro'ul Qur'an (dan barang siapa yg mebaca quran) Wahuwa maahirun bihi (dan dia mahir/bagus dalam membacanya) Fahuwa Ma'a safarotil kiroo ... (Maka dia akan dikumpulkan bersama para malaikat)”

Tidak ada komentar: